Powered By Blogger

Team Hore

Pelajar Pandeglang

Profil Sekolah Sekolah CMBBS (Cahaya Madani Banten Boarding School)"BERTARAF INTERNAIONAL., YANG BERTEMPAT DI PANDEGLANG BANTEN

SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS) merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini Gubernur Banten yakni Hj. Ratu Atut Chosiyah pada tahun 2005 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Sekolah ini disubsidi langsung oleh Pemerintah Provinsi Banten dan merupakan sekolah yang disiapkan khusus untuk menyaring bibit-bibit unggul yang akan membangun Banten sebagai provinsi baru dikemudian hari. SMAN CMBBS menerapkan boarding school system, siswa dan pengelola tinggal 24 jam di lingkungan kampus SMAN CMBBS sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melaksanakan proses pendidikan, pengajaran dan pembinaan karakter dan mentalitas siswa, sehingga menjadikan SMAN CMBBS sebagai "Center for Excellence: The Right Place to Built Personality, Learn and Face the Future". Setiap tahunnya sekolah ini hanya menerima sedikit siswa-siswi jika dibandingkan sekolah negeri pada umumnya. Dikarenakan tes masuk ke sekolah ini yang terkenal sangat sulit seantero Banten sehingga hanya siswa-siswi terpilih sajalah yang bisa masuk. Pada tahun pertama sekolah ini hanya menerima 46 orang siswa, pada tahun kedua sebanyak 60 siswa, pada tahun ketiga sebanyak 65 siswa, dan pada tahun-tahun berikutnya ditambah menjadi 70 hingga 100 orang siswa saja. Sejak awal didirikan sekolah ini telah berhasil membuktikan keberadaannya sebagai sekolah unggulan dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan siswa-siswinya mulai dari tingkat kabupaten hingga internasional.

Sejarah

"Banten harus maju!" Ungkapan inilah yang menggugah legislatif dan eksekutif, setelah Banten resmi menjadi provinsi pada tahun 2000. Hal yang harus disiapkan untuk membanguna Banten adalah sumber daya manusia yang handal dan memiliki dedikasi, loyalitas yang tinggi untuk kemajuan Banten. Setelah kurang lebih 4 tahun mempersiapkan rumusan pengembangan SDM Banten, muncullah wacana untuk mendirikan SMA unggulan Banten sebagai pusat pengembangan SDM demi menciptakan putra-putri Banten yang memiliki kemampuan religik, ekonomik, dan sosial pribadi yang diperlurus dengan kaidah ekselensi dan Islami. Pada Juli 2005 SMA Unggulan Banten resmi beroperasi dengan nama SMA Cahaya Madani Banten Boarding School atau disebut SMA CMBBS. Pada saat itu SMA CMBBS merekrut 46 siswa yang diambil dari lulusan terbaik SMP seluruh Banten. Hasil luar biasa sejak tahun pertama beroperasi SMA CMBBS telah mampu membuktikan dan mensejajarkan diri dengan sekolah yang sudah ada di Provinsi Banten. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan dan prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMAN CMBBS. Seiring dengan perkembangan waktu, pada tanggal 31 Juli 2007 SMA CMBBS resmi menjadi sekolah negeri dengan SK Gubernur Prov. Banten No. 421.3/Kep.SOS-Huk/2007. sejak terbitnya SK Gubernur tersebut Sekolah ini menjadi SMAN CMBBS dengan jumlah siswa sebanyak 155 siswa (6 rombel).[1] SMAN CMBBS akan terus melaksanakan pengembangan sehingga visi dan misi atau tujuan, target sekolah dan harapan masyarakat Banten terhadap SMAN CMBBS dapat direalisasikan.

Visi

”Menjadi sekolah nasional bertaraf internasional yang berdaya saing tinggi dalam memasuki jenjang perguruan tinggi nasional dan internasional, berwawasan lingkungan, dan kewirausahaan”.

Misi

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, dan pembentukan karakter agamis dan nasionalis di tingkat menengah yang berprilaku sesuai dengan kaidah-kaidah agama, nilai-nilai, norma-norma, dan budaya Indonesia yang berwawasan internasional.Menyiapkan lulusan siswa di tingkat menengah untuk memasuki perguruan tinggi favorit nasional maupun internasional.Mendidik generasi yang mempunyai wawasan dan berjiwa kewirausahaan.Menyelenggarakan pendidikan yang membangun kesadaran dan tanggung jawab untuk memelhara dan melestarikan lingkungan

Untuk menciptakan lingkungan proses pendidikan, pengajaran dan pembinaan yang kondusif, efektif dan efisien, SMAN CMBBS memiliki fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

Fasilitas

Fasilitas Utama

  1. Gedung Kantor
  2. Gedung Kelas (max 15-20 siswa/kelas)
  3. Gedung Klinik
  4. Gedung Koperasi
  5. Gedung Perpustakaan
  6. Gedung Lab. MIPA
  7. Gedung Masjid
  8. Gedung Genset
  9. Sanggar Seni
  10. Gedung Keamanan
  11. Gedung Asrama Putri
  12. Gedung Asrama Putra
  13. Gedung Dapur
  14. Gedung Botani
  15. Gedung Aula Serba Guna
  16. Mess Guru

Fasilitas Pendukung

  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium Bahasa
  3. Ruang Osis
  4. Ruang Server
  5. Ruang ICT
  6. Ruang Multimedia
  7. Ruang TRRC
  8. Ruang Perlengkapan
  9. Ruang Laboran
  10. Akses Internet WiFi
  11. Link PABX Antar Gedung
  12. CCTV Monitor
  13. Satelite TV

Extrakulikuler

  1. KIR (Kelompok Ilmiah Remaja),
  2. Pramuka,
  3. Tapak Suci,
  4. ICT,
  5. Paduan suara,
  6. Traditional Music & Dance,
  7. Football,
  8. Basketball,
  9. Palang Merah Remaja (PMR),
  10. Theatre,
  11. Paskibra,
  12. Robotik.


4 Responses to "Profil Sekolah Sekolah CMBBS (Cahaya Madani Banten Boarding School)"BERTARAF INTERNAIONAL., YANG BERTEMPAT DI PANDEGLANG BANTEN"

  1. untuk th 2017 pendaftarannya kapan,,anak saya skrg smp nya di jawa,sekolah di diklat sepak bola di salatiga,,sdn 04 sindangsari,ps kemis tanggerang dan domisili ps kemis,,bisa ngak sman nya disini?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum....maaf untuk pindahan dari ponpes lain bisa?

    BalasHapus
  3. Tgl 5 maret sy survey lokasi, tolong perawatan lingkungan sangat kurang, banyak sekali rumput tinggi, tolong diperhatikan, Asri rapih bersih itu membantu siswa lebih nyaman Di lingkungan yg baru menjadi betah.

    BalasHapus